Breaking News
recent

Cara menjaga kesehatan gigi anak

Cara menjaga kesehatan gigi anak

Cara menjaga kesehatan gigi anak -  Kali ini kami akan berbagi tentang panduan cara menjaga kesehatan gigi anak. Banyak orang tua yang kesulitan dan banyak yang juga belum mengetahui tentang cara merawat atau menjaga kesehatan gigi pada anak mereka. Mereka tahu mereka ingin mencegah gigi berlubang pada anak mereka, tetapi mereka tidak tahu cara terbaik untuk melakukannya. jadi kali ini kami akan berbagi tentang cara merawat atau menjaga kesehatan gigi anak. Berikut adalah beberapa tips dan panduan untuk cara menjaga kesehatan gigi anak.
cara menjaga kesehatan gigi anak
Memberi pelajaran tentang cara mengikat gigi yang baik pada anak

Kapan anak-anak harus mulai menyikat gigi?

Menyikat gigi sangat berpesan penting untuk menjaga kebersihan gigi anak anda dan sangat berperan dalam menjaga kesehatan gigi anak.Perawatan gigi yang baik untuk anak sebaiknya dimulai sebelum gigi pertama bayi tumbuh. Hanya karena Anda tidak dapat melihat gigi anak tidak berarti mereka tidak memiliki gigi. Gigi benar-benar mulai terbentuk pada trimester kedua kehamilan. Saat lahir, bayi Anda memiliki 20 gigi primer, beberapa di antaranya telah sepenuhnya berkembang di rahang.
Bahkan sebelum bayi Anda mulai tumbuh gigi, bersihkan dengan kain lap bersih, lembab selama gusi untuk membersihkan bakteri berbahaya. Setelah bayi Anda mendapat gigi, sikat gigi mereka dengan sikat gigi bayi. Gunakan air dan sedikit saja pasta gigi khusus untuk bayi, berikan sedikit saja pasta gigi bayi(sebesar sebutir beras). agar mencegah pasta gigi yang tertelan pada bayi. sebaiknya pastikan jangan sampai pasta gigi tertelan pada bayi anda. di sini lah di butuhkan ketelitian penuh dari sang ibu yang merawat bayi atau anak mereka. lakukan dengan lembut agar bayi anda tidak merasa kesakitan.
cara menjaga kesehatan gigi anak
membiasakan anak untuk menyikat gigi
Di sekitar usia 2 tahun, anak Anda harus belajar untuk meludah saat menyikat gigi. agar pasta gigi tidak tertelan saat menyikat gigi anak anda. untuk Anak-anak usia 3 tahun ke atas untuk takaran pasta gigi nya sudah bisa di tambahkan seukuran kacang. anda harus betul-betul menjaga atau mengawasi dengan teliti saat mengikat gigi mereka. kerusakan gigi pada bayi bisa bertambah apabila tidak dibiasakan dengan kebiasaan makan yang baik.saat bayi anda tidur dengan botol susu bayi mungkin bayi anda aka merasa nyaman, tetapi dapat membahayakan gigi bayi. Ketika gula dari jus atau susu tetap pada gigi bayi selama berjam-jam.
Orang tua dan penyedia layanan penitipan anak harus membantu anak-anak untuk menetapkan waktu tertentu untuk minum susu setiap hari karena mengisap botol sepanjang hari dapat merusak gigi yang masih muda. maka sebaik nya hindari untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Mengunjungi dokter gigi

ADA (American Dental Association's) merekomendasikan bahwa anak-anak seharusnya mulai di bawa ke dokter gigi pada ulang tahun pertama mereka. Pada kunjungan pertama ini, dokter gigi akan menjelaskan dengan tepat teknik cara menyikat gigi .

Kunjungan ini dapat membantu menemukan potensi masalah awal pada gigi anak. karena dokter lebih mengetahui tentang cara menjaga kesehatan gigi anak. dan membantu anak-anak terbiasa untuk mengunjungi dokter gigi sehingga mereka akan memiliki lebih sedikit ketakutan tentang pergi ke dokter gigi ketika mereka semakin tua. Mempertimbangkan untuk mengantar anak Anda ke dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam merawat anak-anak. Dokter gigi pediatrik dilatih untuk menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan gigi anak-anak. Mereka juga tahu kapan untuk merujuk Anda ke berbagai jenis spesialis, seperti orthodontist untuk memperbaiki overbite atau suatu bedah mulut untuk mereposisi rahang.

Jika seorang anak tampaknya beresiko bermasalah dengan rongga atau masalah lain, dokter gigi dapat mulai menerapkan topikal fluorida bahkan sebelum semua gigi datang (ini juga dapat dilakukan di dokter anak). Fluorida mengeras enamel gigi, membantu untuk menangkal penyakit masa kanak-kanak paling umum kerusakan gigi (juga disebut karies gigi). intinya anda harus memeriksa dulu ke dokter gigi untuk mendapatkan saran dari dokter gigi.

Mencegah gigi berlubang

Lubang pada gigi anak sangat berbahaya dalam kesehatan gigi anak.lubang pada gigi terjadi ketika bakteri dan makanan tertinggal pada gigi setelah makan dan tidak disikat habis. Asam mengumpul pada gigi, pelunakan enamel yang sampai menyebabkan lubang. Mulai kebiasaan baik untuk Mengajar anak untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride dan floss secara teratur.
Penggunaan rutin pasta yang mengandung fluorida toughens enamel, sehingga sulit asam untuk menembus gigi. Mintalah dokter gigi Anda untuk memberikan suplemen fluorida(lebih baik dengan rekomendasi dokter). Kebanyakan pasta gigi mengandung fluorida tetapi pasta gigi tidak akan sepenuhnya melindungi gigi anak. Hati-hati, karena fluorida terlalu banyak dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Periksa dengan dokter gigi Anda sebelum melakukannya dan minta saran pada dokter anda.
Membatasi atau menghindari makanan tertentu.karena makanan yang kurang baik dapat merusak kesehaan gigi anak anda. Makanan manis, jus, permen (permen gummy terutama lengket, gummy vitamin, atau kulit buah atau "roll-up") dapat mengikis enamel dan menyebabkan lubang pada gigi anak anda. Jika anak-anak Anda makan makanan ini, telah mereka bilas mulut mereka atau menggosok gigi setelah makan untuk membasuh gula. dokter gigi dapat membantu mencegah kerusakan dengan mencuci tipis resin gigi. Lapisan pelindung ini membuat bakteri sulit menetap di celah-celah yang sulit dijangkau. Tetapi pastikan bahwa anak-anak tahu bahwa menyikat gigi dengan teratur akan menjaga kesehatan gigi mereka sendiri. dan menghindari dari terbentuknya lubang pada gigi anak anda. cara menjaga kesehatan gigi anak.
cara menjaga kesehatan gigi anak
Memeriksa kesehatan gigi anak ke dokter gigi

Jika anak Anda mempunyai masalah

jika anak anda rentan dengan kerusakan gigi atau penyakit gusi, anak-anak anda mungkin berada pada resiko yang lebih tinggi. jadi kadang-kadang bahkan menyikat gigi pun tidak dapat mencegah lubang pada gigi. pastikan anda segera membawa anak anda ke dokter gigi saat anak anda mengeluh sakit gigi. ini bisa menjadi tanda ada lubang pada gigi anak.dan alangkah lebih baik nya langsung membawa anak anda ke dokter gigi.

Kesimpulan

  • Biasakan anak untuk selalu menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari.
  • Pastikan anak anda menyikat gigi setelah makan.
  • Hindari makanan yang manis dan mengandung banyak asan.
  • Periksa kesehatan gigi anak anda dengan rutin ke dokter.
  • Peran orang tua sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi anak.
Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu membaca artikel kami tentang Cara menjaga kesehatan gigi anak
Feby Jemskey

Feby Jemskey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.